Makaroni Schotel Ayam

Biasanya Makaroni Schotel isiannya daging cincang atau kornet. Kali ini kami buat yang isiannya daging ayam cincang. Rasa dibuat seIndonesia mungkin, gak manteg. Sungguh saya lebih suka varian Makaroni Schotel Ayam ini dibandingkan dengan yang isi daging  cincang atau kornet.


Bahan  A:

200 gram makaroni,
1 sdm margarine

Bahan B:

200 gram daging ayam cincang
3 sdm margarine
1 bh bawang Bombay ukuran besar, cincang
4 bh bawang putih, cincang
3 batang daun bawang, dibersihkan, iris tipis.
1 sdm tepung terigu
250 cc Susu cair
250 cc air
1 1/2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
3 1/2 butir telur, kocok lepas
100 gr keju chedar parut

Bahan C:

1 1/2 btr telur, kocok lepas
75 ml susu cair tawar 
50 gr keju parut


Cara membuatnya :

1. Bahan A: rebus makaroni  di air mendidih yang sudah diberi 1 sdm margarine dan 1 sdth garam hingga mekar, . Angkat tiriskan. Sisihkan.

2. Bahan B: Panaskan mentega , tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga layu, masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang  air , ayam , kaldu bubuk dan garam. Masak sampai ayam matang.
Tuang susu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk rata3. Masukkan keju parut dan makaroni rebus aduk terus hingga tercampur rata. Masukkan  irisan daun bawang. Aduk rata. Matikan api. Masukkan 3 1/2 butir telur yang sudah dikocok lepas, aduk rata.


4. Tuang kedalam pinggan tahan panas ukuran 20x30x5cm atau yg setara yang sudah diolesi margarine.

5. Bahan C: campur telur dan susu, aduk rata. Tuangkan kedalam makaroni yg sudah dipinggan. Taburi dengan keju parut. Panggang dalam oven suhu 180’C selama 45 menit.

6. Angkat, hidangkan bersama saus sambal dan saus tomat

Komentar