Pie Labu Kuning

Heboh, ubek-ubek buku, tabloid masak cari-cari resep macam-macam Pie, mau ikut event online PIEradise - NCC Jaktim. Ini salah satunya yang sudah di eksekusi

Pie Labu Kuning
Sumber Resep : Majalah Selera




Bahan :
300 g tepung terigu protein sedang
2 sdth gula pasir
100 g mentega
1 kuning telur, kocok sebentar
6 sdm air es

Isi :
1 Butir telur dikocok sebentar
100 g brown sugar
250 g labu kuning, dikukus, haluskan
50 ml cream ( saya 3 sdm susu bubuk saja)
1 sdth kayu manis bubuk
1/2 sdth pala bubuk
1/2 sdth jahe bubuk ( saya 1 sdt jahe parut)

Cara Membuat :
  1. Kulit : campur terigu, gula, mentega dengan bantuan 2 bilah pisau atau pastry cutter. Masukkan telur kocok dan air es sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata. Dinginkan di wadah tertutup di lemari es selama  30 menit. Sementara itu buat adonan isi.
  2. Isi : kocok telur dan brown sugar hingga mengembang. Masukkan labu kuning, susu bubuk, kayumanis bubuk, pala bubuk dan jahe parut. Aduk rata.
  3. Gilas adonan Pie ( kulit ) setebal 1/2 cm. Taruh di loyang. Panggang 10 menit pada suhu 160 derajat C. Keluarkan
  4. Tuangkan adonan isi. Hias bagian atas adonan dengan sisa kulit Pie dengan bentuk yang disuka.
  5. Panggang kembali sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan, kira-kira 40 menit. Angkat.

Testimoni : Rasa kuenya enak. Paduan antara brown sugar, dan berbagai bumbu membuat rasanya unik dan excotic. Kendalanya adalah adonan isi yang cair menyulitkan menghias bagian atas pie. Mungkin Pie dan adonan isi dimasak setengah matang dulu, baru bagian atas dihias (sebagai info tadinya hiasan atas berbentuk seperti pagar, tapi hasil akhirnya pagarnya tenggelam, jadi diganti bentuk hati yang lebih ringan).
Walaupun penampilannya belum bisa ok ( karena produksi perdana), tapi kue ini layak diperjuangkan, karena rasanya yang enak dan unik, juga hampir tidak ada ditemui di pasaran, jadi so spesial.

Komentar