Bingka Roti Pandan Kukus

Di rumah kami memang sering sekali ada roti tawar sisa makan pagi yang tak habis. Kalau beli roti tawar yang di plastik panjang, memang porsinya terlalu banyak buat keluarga kami, Jadilah harus dicari berbagai resep untuk memanfaatkan roti tawar sisa. Resep ini didapat dari Dapur Manis nya Mbak Rina Audie. Katanya beliau mendapatkan resep ini dari Notabila. Beberapa bahan dan cara sudah saya modifikasi sesuai selera kami. Terimakasih untuk sharing resepnya mbak




Bahan :
10 lembar roti tawar berkulit
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam
400 ml santan sedang dari 1/2 butir kelapa parut, rebus,biarkan hangat ( jangan pakai santan terlalu kental atau santan instant karena rasanya akan terlalu manteg)
2 butir telur
1/2 sdt pasta pandan
2 lbr daun pandan, gunting setiap 2 cm
100 gr kismis

Cara membuat :
1. Potong potong roti tawar masing masing menjadi 4 bagian.  Sisihkan.
2. Dalam sebuah wadah besar campur jadi satu gula pasir dan garam, tuangi santan hangat sambil diaduk sampai rata. Tambahkan telur dan pasta pandan, aduk rata. . Biarkan roti terendam selama sedikitnya 10 menit.
3. Panaskan kukusan sampai mendidih airnya. Siapkan loyang atau pinggan tahan panas
4. Susun rendaman roti tawar tadi ke dalam loyang sekaligus bersama santannya. Taburi kismis dan beri diatasnya daun pandan. Letakan lagi susunan roti diatasnya. Taburi kismis dan sisipkan daun pandan. Masukkan dalam kukusan dengan api sedang. Kukus selama 20-25 menit.
5. Setelah matang, keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Masukkan dalam kulkas supaya padat. Setelah padat, keluarkan dari loyang, potong dan sajikan.

Komentar