Fettucine saus jamur

Saya adalah pengemar makanan pasta yang dibanjiri sausnya. Resep ini variasi lain dari fettucine dan sausnya yang biasa dihidangkan di meja makan kami. Ada juga diblog ini Fettucine Carbonara. Sumber Resep ini adalah mbak Nicke JJ dari catering Dapur Kania. Terimakasih mbak, Fettucine saus jamur ini menjadi favorit anak-anak saya.




Bahan : 

fettucine ukuran 500 gr (rebus dengan air, garam dan minyak)

250 gram s0sis ayam bagi 4 lalu belah memanjang

1 ons ayam giling

1/2 ons daging giling

1 kaleng kecil jamur kancing di iris jadi tiga bagian

2 butir bawang bombay

1 siung bawang putih cincang halus

3 sdm mentega untuk menumis 

1000 ml Susu UHT 

garam, merica, kaldu block instant

3 sdm tepung terigu di cairkan

2 sdm oregano

  • saya tambahkan  50 gram keju cheddar parut untuk saus dan 100 gram keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat  Sauce Bechamel :

Tumis bawang putih, masukkan ayam dan daging giling, masak hingga harum dan berubah warna, lalu susis dan jamur, kemudian bawang bombay,(kalau saya pada tahap ini dimasukkan terigu sekaligus, aduk rata sampai matang, lalu masukkan susu cair dan kaldu blok--- saya terbiasa masak dengan cara begini, jadi lebih PD seperti biasa)

Bumbui dgn merica, garam , kaldu block, masukkan susu cair dan tepung yang sudah dicairkan…aduk hingga kekentalannya cukup dan meletup2, tambahkan 50 gram keju cheddar parut..angkat . 

 campurkan 1 sendok sayur sauce Bechamel ke dalam fetuchine yang sudah di rebus, hidangkan dan bila ingin disantap ..siram kembali sauce ke atas tumpukan fettucine dipiring… taburi dengan keju cheddar parut, bisa juga ditambahkan taburan daun peterseli....nikmatiiiii




Komentar