Sup Ikan Gurame

Sejak ikut millis NCC terasa sekali banyak kemajuan dalam hal masak memasak. Yang dulu ilmu ini banyak rahasianya, bertanya sana-sini membaca buku ini itu sering tetap ditutupi detailnya. Jadilah kalau masak atau bikin kue gagal maning-gagal maning. Alhamdulillah pasangan ibu Fatmah Bahalwan dan Bpk. Wisnu Martono mempelopori sharing ilmu tanpa ditutup-tutupi dengan mendirikan NCC yang suhu-suhu dan anggotanya diteladani ikhlas berbagi ilmu. Ini salah satu resep dari pak Wisnu, yang tadinya saya hanya bisa mencicipi sup gurame yang segar di restoran, sekarang sudah bisa masak sendiri di rumah.


Sup ikan gurame ini dilaporkan oleh mbak Noni Wijaya di millis NCC 26 Oktober 2011:

Selamat siang....
Saya mau menyampaikan laper nich ( laporan pertama )..

Tadi pagi langsung di buat Sup Ikan resep dari Pak Wisnu :
Caranya, pertama, ikan dikucuri jeruk nipis ( saya pakai fillet ikan gurami ). Gunanya menghilangkan bau amis.
Lalu, rebus air sampai mendidih. Masukkan bumbu jahe iris, cabe iris, lada halus, sereh, garam ( garam nya saya ganti dengan kaldu Blok ) kemudian saya tambahkan 1 pc kemiri yang dihaluskan biar gurih.+ 1/2sdm gula.
Masukkan ikan. Masak sampai matang, masukkan tomat potong (atau blimbing sayur), angkat, hidangkan panas.
Sup nya ringan dan rasanya ok banget...ada pedesnya, ada asem - asem nya dikit jadi seger, pada saat di sajikan saya taburkan bawang goreng..... terima kasih ya Pak resepnya

Komentar